Cara Melatih Vokal Suara Agar Merdu

154 views

Kitnet.Info – Cara Melatih Vokal Suara Agar Merdu, Cara Melatih Vokal Suara Agar Merdu

Cara Melatih Vokal Suara Agar Merdu

Semua orang yang dianugerahi suara oleh Allah sebenarnya bisa menyanyi. Hanya kualitas yang mungkin membedakan. Tapi, kualitas itu bisa dilatih dengan teknik yang baik dan benar. Sekarang banyak sekali dibuka tempat-tempat kursus atau latihan vokal yang baik. Anda dapat mengikuti salah satunya. Namun, jika Anda malu atau hanya sekedar ingin bisa bernyanyi agar tak memalukan, Anda bisa berlatih sendiri. Kemampuan bernyanyi menurut saya perlu dilatih walaupun dengan otodidak agar ketika ada momen yang mengharuskan kita bernyanyi, kita bisa tampil tanpa harus malu. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih vokal suara agar merdu, setidaknya untuk Anda sendiri.

Melatih Artikulasi (Pengucapan Kata Dengan Benar)

Mulailah melatih mengucapkan kata dengan jelas dan benar lanjut sampai mengucapkan kata yang rumit. Lakukan dengan kecepatan rendah lalu dilanjutkan dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga Anda bisa mengucapkan kata yang benar dalam menyanyikan sebuah lagu.
Melatih Kekuatan Suara

Kekuatan suara berhubungan dengan pernafasan, jika pernafasan bagus, baik dan benar, maka kekuatan yang dikeluarkan dari suara bisa dilakukan. Kekuatan suara bukan berarti harus berteriak sekeras-kerasnya tetapi kejelasan suara yang perlu tetap terdengar jernih. Cara yang lain bisa Anda lakukan, cobalah meniup lilin dari jarak 1,5 meter hingga padam, lakukan 20-30 kali sehari untuk mendapatkan power vokal Anda. 

Melatih Teknik Pernafasan

Tidak bisa dipungkiri, pernafasan yang baik mutlak diperlukan dalam bernyanyi. Salah satu teknik pernafasan yang paling efektif yaitu teknik pernafasan perut, bukan pernafasan dada. Tanda pernafasan perut yaitu ketika menarik nafas, perut mengembung, sedangkan pernafasan dada jika ketika nafas ditarik, yang mengembung adalah dada. Berikut ini cara melatih pernafasan perut :
  1. Siapkan posisi tubuh, bisa berdiri atau duduk bersila. Tegakkan punggung/badan.
  2. Tarik nafas dalam-dalam (dengan nafas perut), hitung hingga 10 detik. Pada hitungan ke-10, perut diusahakan full mengembung.
  3. Kemudian tahan nafas selama 10 detik. Dalam posisi perut full mengembung, tahan hingga perut terasa keras. Bisa dicek dengan  menekan perut yang mengeras.
  4. Kemudian keluarkan nafas perlahan-lahan melalui mulut selama 10 detik. Atur pengeluaran nafas seefisien mungkin dengan membuka sedikit saja mulut sampai hitungan ke-10 sambil membunyikan ”cesssss”
  5. Berikutnya, ulangi langkah 1-4 latihan ”tarik-tahan-keluar” tersebut dengan penambahan durasi waktu secara bertahap. Misalnya, dengan penambahan per 5 detik, menjadi 15, 20, 25,30 dst. hingga batas waktu terlama. 
  6. Jangan ragu mngulangi jika dalam satu durasi waktu masih dirasa berat.

Melatih Teknik Vibrasi

Vibra adalah “membunyikan” suara. Vibra terjadi akibat adanya kontraksi pada pita suara. Contohnya pegang jakun atau tenggorokan tengah leher kalian sambil mengucapkan huruf-huruf seperti S, SH, F maka tidak ada getaran di jakun kita. Tapi coba kalau dengan huruf G, K, NG, dan “AHHH”, maka akan ada getaran. Itulah awal proses asal mula vibrasi/ getaran. Berikut ini cara melatih vibrasi :
  1. Cobalah rileks
  2. Nyanyikan nada dengan benar dengan nada tinggi namun tidak perlu terlalu tinggi
  3. Rasakan udara yang mengalir dari dalam ke luar pita suara anda
  4. Rasakan pada getarannya
  5. Fokus dan coba untuk mendapatkan vibrasi alunan tersebut pada nyanyian secara natural. 
  6. Jangan dibuat-buat dengan menggerakkan bagian tenggorokan hingga bergerak secara berlebihan. Hal seperti ini malah akan menguras energi dan membuat suara tidak stabil.
  7. Jika sudah terasa vibrasinya. baru boleh digerakkan bagian dalam tenggorokan dengan seperlunya, tak perlu berlebihan. Tergantung ekspresi, alunan dan kebutuhan lagu.
  8. Ingat vibrasi yang baik itu adalah vibrasi yang terbentuk secara natural dengan getaran yang stabil. Jadi harus dilatih pelan-pelan.

Melatih Suara Tinggi

Tiap orang memiliki range suara yang berbeda-beda, range vokal standar penyanyi yaitu 3 oktaf. Meskipun ada juga orang yang memiliki range vokal di atas 3 oktaf, bisa sampai 4, 5, bahkan 6 oktaf. Namun, jangan khawatir karena tentu saja suara tinggi bisa dilatih. Berikut ini cara melatih suara agar tinggi :

  1. Lakukan pemanasan dengan cara melemaskan pita suara dengan menyanyikan bunyi “ah”, “mah”, “doh”, atau “mi', “mei”, “mah”, “mow”, “mu” dalam oktaf rendah maupun oktaf tinggi sesuai range vokal Anda.
  2. Lakukan latihan sesering mungkin, lebih bagus jika dilakukan setiap hari. Karena pita suara dapat kembali melempem/melemas jika tidak sering dilatih. Sarannya, lakukan latihan dengan piano atau keyboard agar nadanya lebih presisi.
  3. Nyanyikan satu lagu yang mampu mencapai oktaf tertinggi Anda. Ulangi lagu tersebut 2 sampai 3 kali. Sebaiknya dilakukan dengan santai, dan ambil napas secukupnya, dan bayangkan/konsentrasi kalo nada tinggi itu mudah dicapai. 
  4. Setelah mampu menyanyikan nada tinggi tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada tingginya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.
  5. Nyanyikan satu lagu yang mampu mencapai oktaf terendah Anda. Ulangi lagu tersebut 2 sampai 3 kali. Jika menemukan kesulitan, coba nyanyikan “mah” atau “ah”. Setelah mampu menyanyikan nada rendah tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada rendahnya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Melatih Vokal Suara Agar Merdu, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Melatih Vokal Suara Agar Merdu berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Melatih Vokal Suara Agar Merdu"

No related post!